Cara Install dan Setting Squid Proxy di Windows XP

Salam bahagia teman-teman, semoga selalu dalam keadaan sehat. Awal bulan, permulaan menjalani hidup ke jalur yang seharusnya aku lakukan. Terlepas dari hal tersebut, kali ini ak akan berbagi pengetahuan tentang Cara Mudah Install dan Setting Squid Proxy di Windows XP. Nah Squid Proxy yang aku gunakan adalah Squid 2.7 Stable 7 - CCPB Version.
Squid adalah sebuah daemon yang digunakan sebagai proxy server dan web cache. Squid memiliki banyak jenis penggunaan, mulai dari mempercepat server web dengan melakukan caching permintaan yang berulang-ulang, caching DNS, caching situs web, dan caching pencarian komputer di dalam jaringan untuk sekelompok komputer yang menggunakan sumber daya jaringan yang sama, hingga pada membantu keamanan dengan cara melakukan penyaringan (filter) lalu lintas. Meskipun seringnya digunakan untuk protokol HTTP dan FTP, Squid juga menawarkan dukungan terbatas untuk beberapa protokol lainnya termasuk Transport Layer Security (TLS), Secure Socket Layer (SSL), Internet Gopher, dan HTTPS.

Jadi, dapat dikatakan bahwa dengan Squid Proxy kinerja browsing akan lebih cepat dan terasa ringan. Selain itu, kita juga dapat mengirit bandwith quota internet. Nah sangat bermanfaat bukan, tapi yang jadi masalah adalah tingkat kerumitan untuk mengatur atau mengedit konfigurasi squid (squid.conf), terutama bagi kaum awam. Tapi tenang saja, berikut ini aku akan membagikan Squid Proxy lengkap dengan konfigurasinya dan penggunaannya.
Download Squid 2.7 Stable 7 - CCPB Version
Download Patch Squid CCPB v1
Download TCPIP Patch

DOWNLOAD Here...


System Requirement:
  • Microsoft Windows XP above
  • Operating System must be on Drive C
  • Free Space on Drive C = 54 MB
  • Free Space on Drive D at least 5 GB for cache
Patch Squid CCPB v1:
  • applying new squid.conf
  • applying new adzapper patterns
  • add download.acl, host.acl, to make sure delaypools function working properly
  • add stop service shortcut on Vista Quicklunch
  • add start service shortcut on VistaDesktop
Tutorial cara install dan setting Squid Proxy di Windows XP, langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Pastikan anda sudah membaca system requirement di atas.
2. Install SQUID CCPB dan tunggu prosesnya hingga selesai.
3. Kalau sudah, jalankan Patch Squid CCPB. Nah sekarang konfigurasi squid sudah diupgrade, jadi nggak usah repot-repot otak-atik squid.conf. Tapi kalau ingin memahami lebih jauh cara setting konfigurasi squid, kunjungi config squid-cache.org.
4. Secara default, service Squid Proxy akan berjalan pada saat windows startup. Untuk memastikannya, masukkan perintah services.msc pada Run (Windows+R). Lihat disana apakah CCPB'Squid'Proxy berjalan secara otomatis (Automatic) atau tidak. Kalau tidak, ubah seperti pada gambar.


5. Untuk menstabilkan Squid, gunakan TCP/IP  Patch.

Tutorial cara setting Squid Proxy di Browser dan IDM, langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Secara default, listening port squid adalah 3128. Jadi, masukkan IP dan Port Address 127.0.0.1:3128 di browser, idm, ym maupun aplikasi online lainnya.
Setting Pada Mozilla Firefox
 Setting Pada IDM



Share this article :
 

+ komentar + 3 komentar

8 Desember 2013 pukul 23.32

password squidnya apa?

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Albet Chan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger